Kamis, 06 Desember 2007

Freeware

Merupakan program bantuan yang diberikan secara gratis bebas tanpa dipungut biaya untuk para pemakai komputer diseluruh dunia yang membutuhkan.

Adapun contoh - contoh freeware yang sengaja dibuat untuk mempermudah suatu pekerjaan yang dianggap semakin sulit dalam pengerjaan secara manual.

Kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi dewasa ini telah mempermudah manusia berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lain. Manusia menjadi lebih mobile dalam beraktivitas. Perubahan pola perilaku ini ternyata juga ikut merubah karakteristik teknologi peralatan di sekitar kita menjadi serba portabel. Ada kursi portabel, lampu portabel, ranjang portabel, kompor portabel, dan juga komputer portabel (laptop).

Portabelisme tidak hanya terjadi pada perangkat keras (hardware) saja, tetapi juga sudah merambah pada perangkat lunak (software) sebagai perangkat yang bersentuhan langsung dengan para pengguna komputer.

Software portabel merupakan perangkat lunak/ program komputer yang dapat dibawa berpindah-pindah tempat dengan mudah, dan dapat digunakan segera tanpa perlu menginstalnya di komputer.

Software portabel saat ini lebih didominasi oleh software-software gratis yang sering dikenal dengan freeware. Hal ini disebabkan oleh karena sebagian besar freeware bersifat open source, tidak terpaku pada lisensi komersial, dan tidak berbayar (gratis).

Tidak ada komentar: