Jumat, 26 Oktober 2007

Kejahatan Fraud

Seiring dengan perkembangan teknologi telekomunikasi dan jenis layanannya, masalah yang mengikutinya juga semakin beragam. Salah satu masalah yang ada adalah fraud. Fraud dapat diartikan sebagai segala bentuk indikasi ketidaknormalan dalam penggunaan layanan telekomunikasi. Indikasi tersebut dapat muncul dalam
bentuk ketidaknormalan pola penggunaan seorang pengguna ataupun disebabkan suatu malfungsi sistem telekomunikasi itu sendiri.

Penipuan dengan memanfaatkan internet sudah jamannya. Artinya, ketika anda melakukan transaksi via internet
akan sangat rawan terjadi penipuan alias fraud. Penipuan itu tentu dilakukan orang untuk memperkaya diri sendiri dengan memanfaatkan ketidaktahuan orang akan teknologi.

Berikut ini setidaknya ada tindakan yang penting dilakukan untuk menghindari fraud.

Pertama, penting untuk mengetahui dengan siapa anda bertransaksi. Jika lawan transaksi tidak familiar, tidak terkenal, tidak punya reputasi sebagai tempat transaksi yang aman, ya lupakan saja.

Kedua, lihatlah informasi bagaimana mereka menangani komplain. Akan sangat sulit menangani komplain jika lawan transaksi anda berada di luar negara. Lihat informasi di situs tentang tentang program mereka mengenai penanganan terhadap komplain. Perhatikan bahwa, tanpa ada komplain bukanlah jaminan. Banyak situs penjual yang buka dan tutup secepatnya. Jadi ketika tidak ada komplain, bukan berarti situs penjual itu punya legitimasi.

Lihat dengan cermat penawaran. Sebuah toko online yang berkualitas akan memberi anda detail tentang produk atau layanan mereka, harga, waktu antar dan kebijakan terhadap pembatalan transaksi. Tanpa itu lupakan saja.

Tidak ada komentar: